Salam cerdas kreatif,

Salah satu cara menstimulasi mengembangan percakapan dan bahasa anak (usia 24 s/d 27 bulan) adalah dengan cerita mengenai buah-buahan yang ada di sekitar kita. Buah-buahan dapat menjadi sumber inspirasi yang hebat untuk stimulasi tesebut.

Dalam riset, Jackie Silberg, seorang guru dan pelatih pemerhati dalam dunia anak yang ternama menyatakan, bahwa plastisitas dari otak, adalah kemampuannya untuk membuat hubungan ulang sendiri, bahasa atau kata yang membuat demikian mudah bagi anak-anak untuk belajar bahasa.

Semakin banyak kata yang didengar anak sejak dini, semakin banyak hubungan yang dibuat otak. Inipun didukung oleh Tony buzan, ahli international di bidang otak dan inventor Mind Maps.

Cara stimulasi percakapan dan bahasa itu :

  • Pilih tiga atau empat macam buah agar Anda dan anak dapat mengamatinya.
  • Potonglah salah satu buah dan berbicaralah mengenai apa yang ada di dalamnya. Apakah buah buah itu mempunyai biji, ruas dan bagian tengahnya yang keras atau yang lainnya?
  • Buatlah cerita mengenai buah, dengan kata-kata Anda sendiri.
Contoh : "Suatu hari ada sebuah apel yang datang untuk bermain dengan Kaka. "Halo Kaka, saya senang ada disini, tetapi saya kesepian nih?. Apakah sebaiknya kita mengundang buah yang lain untuk datang dan bermain?"
"Oke", kata Kaka. Saya akan memanggil jeruk."
Kaka lalu menelepon dan berkata,"Halo jeruk, maukah kamu datang bermain ke sini?"

  • Biarkan anak Anda menyarankan siapa yang akan ditelepon berikutnya.
  • Cermati setiap buah yang baru, dan jangan lupa .... untuk mencicipi buah itu bersama.

Semoga bermanfaat ... salam.
Dari : Diah, permerhati Dunia Anak & Mind Mapping

0 comments:

Post a Comment